4

Lulus SMA, SMK, STM bingung mau kemana???

Posted by Yeni Sugian on 07.54
Met pagi bloggersss...

Di hari minggu yang cerah ini secerah hati gue, tsaaahhhh, tadi malem merupakan peristiwa langka dalam satu bulan ini bagi gue. Apakah peristiwa langka itu taraaaaa gue tidur tadi malam jam 9 loh. Gak perlu di banggain banget yah kayanya hal seperti itu, tapi bagi gue itu perlu banget di banggain kenapa, secara gue tiap malam bawaannya susah banget tidur. Insomnia gitu loh.

Hari ini postingan gue kayanya sedikit berarah, maksod loe??? gini maksud gue postingan gue kali ini gak hanya sekedar curhat tapi juga bagi info penting. Yuk yang merasa sudah kelas XII ato lebih tepatnya udah kelas 3 SMA, SMK, STM, de el el. Yang sebentar lagi akan melaksanakan Ujian Akhir Nasional. Dan yang masih bingung menerawang keangan-angan akan di bawa kemana hubungan kita maksud gue akan gue bawa kemana kaki dan otak gue ini setelah lulus sekolah disini solusinya.




Pendidikan udah pasti jadi prioritas utama dalam hidup, gak percaya??? anda hitung aja dari Taman Kanak-kanak sampe Sekolah Menengah Atas bukankah tiap hari kita lalui dengan bersekolah. Itu bagi yang bersekolah formal, untuk home schooling akan gue tulis lain waktu jika ada kesempatan dan kemauan, karena anda tau bahwa penyakit malas gue enggak nentu datangnya kapan.

Oke next...
Bingung ingin masuk perguruan tinggi negeri ato swasta, saran gue sih keduanya sama-sama baik, tapi kalo gue saranin untuk yang agak susah soal finansial kaya gue ada baiknya pilih negeri, ikut tes masuk jalur SMUT ato SNMPTN, yah ini juga dengan syarat harus lulus tesnya. Belajar dari pengalaman gue kemaren yang masih agak kagok pertama kali mau daftar kuliah, ada baiknya anda-anda semua cari tau apa itu jalur masuk SMUT dan jalur SNMPTN bahkan jalur mandiri. Tapi kalo bener-bener pengen ngasah kemampuan otak yang bener-bener mikir sampe keluar keringat dingin ngadepin soal tes mending pilih SNMPTN. Gue jamin soalnya apdol pol, karena jalur SNMPTN merupakan jalur nasional yang buat soal tes juga dari pusat otomatis tegangnya juga kaya ngadepin Ujian kedua ahahahhahaha.... Tapi gak usah takut, gue kasih bocoran nih, soal tesnya gak jauh beda kok kaya soal yang di ujiankan pada ujian akhir nasional. Percaya deh!!!

Untuk jalur pendaftaran sendiri biasanya kita di suruh milih 2 jurusan yang pengen kita ambil, misalnya nih jurusan pertama anda ambil Akuntansi, terus untuk jurusan kedua anda ambil Administrasi Bisnis ( gue banget). Kalo misalnya ntar anda gugur di jurusan pertama otomatis anda di alihkan pada pilihan kedua. Jika anda gugur di pilihan kedua otomatis anda harus siap-siap cari kampus lain, ato masuk dengan jalur seleksi yang lain. dan jangan sampai salah pilih jurusan. Untuk universitas negeri sekarang program D3 sepertinya sudah hampir tidak ada lagi dan rata-rata sudah menetapkan program S1 pada standar pendidikannya.

Oke next lagi...
Kalo untuk perguruan tinggi swasta ( PTS )gue enggak terlalu tau yah gimana cara pendaftarannya, tapi mungkin enggak jauh berbeda seperti universitas negeri.

Ato sekarang masih bingung mau pilih yang D3 ( Diploma ) ato yang S1 ( Strata ), keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan kok. Check this:

* Program Diploma
1) Waktu tempuh kuliah yang singkat ( 2,5 tahun untuk D2, dan 3 tahun untuk D3 )
2) Lebih banyak praktek dari pada teori
3) Biaya yang di keluarkan juga sedikit
4) Dan untuk syarat kelulusan wajib buat TA
5) Diperuntukkan sebagai insan yang siap pakai di dunia kerja
6) Gelar hanya A.Md ( Ahli Madya )
7) Kalo udah ngelamar kerja nih sekarang susah,perusahaan pasti liat gelarnya duluan otomatis S1 di utamakan.

sedangkan untuk
* Program Strata
1) Waktu kuliah yang relatif lama, tapi bisa cepat kok ( 3,5 tahun ) . Gak usah kuatir kok untuk menempuh strata 1 dengan waktu tiga tahun setengah gak mesti harus yang pintar, asal kita ada kemauan pengen cepat lulus gue berani jamin 3 tahun setengah pasti bisa. Kalo untuk yang malas-malas and suka tunggu teman kaya gue yah 4 tahun baru lulus. ( doakan saja tahun ini gue bisa lulus amin ya Tuhan )

2) Lebih mengedepankan teori, yap teori akan kita dapat selama 6 semester. Yang pasti jenuh.
3) Biaya yang dikeluarkan pastinya amatlah besar, yang besar aja belum tentu amat :P
4) Syarat kelulusan harus melakukan penelitian dan buat yang namanya skripsi. Itulah yang bedain jenjang diploma dengan jenjang strata. walaupun TA dengan Skripsi gue liat hampir sama saja. ( hummm.. namanya aja kali yah yang buat tinggi dikit ahahahahha ... )
5) Udah dapat ijazah dan pastinya dapat gelar Sarjana
6) Dalam mencari kerja mungkin ada kemudahan karena perusahaan atau tempat pencari kerja biasanya mematok pendidikan yang rata-rata dibutuhkan adalah S1.


So jangan galau, kalau galau jangan risau.
Mudah-mudahan apa yang gue tulis ini bisa jadi pertimbangan bagi anda-anda semua yang lagi galau ingin di bawa kemana setelah lulus dari sekolah menengah. Mungkin hal ini juga yang di alamin oleh ade gue, secara ade gue juga udah kelas 3 SMK.

Mudah-mudahan yang bentar lagi akan ngadepin yang namanya ujian akhir bisa lulus dengan nilai baik. Amin. Pilihan selanjutnya ada di tanganmu. Good Luck

Happy sunday for All and Happy blogging

|

4 Comments


Wah, thx atas sharingnya..

Saat ini gue lagi mencari-cari Tempat Magang Di Jogja dan blog lo ini cukup memberi motivasi buat gue untuk tetep semangat..

hahaha... thx again


Ada beasiswa 100% untuk kamu yang minat kuliah di PWK/Planologi.
Mari bergabung di jurusan Planologi/PWK Podomoro University, dosen-dosennya berpengalaman membuat perencanaan kota dan wilayah skala besar, merupakan praktisi yang bekerja di properti terkemuka. Kesempatan magang di perusahaan multinasional dan konsultan urban planning internasional, jaminan bersertifikat perencana Indonesia (IAP) dan sertifikasi perencana internasional.
Saat ini PWK Podomoro University memberikan beasiswa 100% utk angkatan 2016/2017
Silahkan kontak http://www.podomorouniversity.ac.id/program/urban-regional-planning-1


Promo Bebas Biaya Pendaftaran di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta
Khusus Selama Bulan Ramadhan
www.pmb.ftumj.ac.id

Posting Komentar

Copyright © 2009 Yeni's Official Blog All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.