0

floathing market & PuLau kembang

Posted by Yeni Sugian on 13.35

Pasti anda bertanya-tanya serta menerka-nerka???? whats Pulau kembang???? apa mungkin anda mengatakan bahwa itu merupakan pulauu yang banyak kembangnya??? hemmm ikuti perjalanan gue kali ini ( ceiileeeeee perjalanan booo cape dueeeh @____@ )

Pada Bulan desember 2010 yang lalu, back ke masa lalu yah hehehhehe, gue ga tau persihnya tanggal dan hari apa serta jam berapa karena sudah beda semester hhehehe, siang itu di tengah-tengah kampus di siang hari yang panas hemmmm duduklah 6 orang wanita dan 3 orang pria. apa yang di bicarakan oleh mereka, hummmmm ternyata ada salah satu dari ke enam orang tadi berdiri dengan semangat dan seraya berkata :: " bosen yah kita kul terus, ini kan udah mau liburan gimana kalau kita ajak juga yang lainnya buat jalan-jalan refresing gtu sebelum final tes??? '"...... tak di sangka usul salah satu dari orang ini dasambut baik oleh orang-orang berada di sampingnya.


__________@_@_________
Selang beberapa minggu kemudia, terdengar kabar bahwa akan ada acara rekreasi yah untuk angkatan 2008 saja untukk pergi ke pulau kembang dan pasar terapung.. setelah semunya sampai di semua telinga mahasiswa angkatan gue yang satu kelas hanya berjumlah 25 orang, wooow usul tersebut dismbut gembira, namun tidak semuanya juga ingin pergi ketempat tersebut, selain ada yang merasa trauma dalam naik perahu ada juga yang mabuk lauk ( gue juga mabuk laut kali.... tapi berhubung ga pernah ke pasar terapung n pulau kembang yah gue tanggung resikonya wow..wow..wow.. bak pahlawan kesiangan. Mengapa gue punya minat yang besar buat ikut, yah selain bisa beramai-ramai dengan teman sekelas yah hitung-hitung menghilangkan kejenuhan lah di kos. Untuk pergi ke tempat wisata tersebut kami di pungut biaya 20rb rupiah untuk satu orang hitung-hitung biaya transport perahu yang akan kami sewa untuk melewati pasar terapung dan menuju tempat saudara ( Pulau kembang )


_______________________@_@________________________
Pada sabtu sore seusai mata kuliah perpajakan, aku dan temanku yang mempunyai kos berdekatan menunggu jemputan untuk menginap di rumah seorang teman, yang rumahnya tersebut kami jadikan penginapan, men gapa selain rumahnya dengan ruang tengah yang luas juga sangat dekat dengan pelabuhan, mengapa harus sampai menginap?????
Pertanyaan yang bagus, this is answer ::

Pasar Terapung :: atau dalam bahasa inggrisnya di sebut juga floathing market ( geje banget yah ???? )) merupakan pemandangan yang khas dan yang unik dan cuma ada satu-satunya di indonesia yaitu di daerah banjarmasin Kalimantan selatan Indonesia ( hehhehhehe promosi bener yah?? ) pasar terapung merupakan sarana tukar menukar sayuran, buah dan sebagainya yang dilakukan di atas perahu di sungai BARITO, ini terjadi hanya pada pagi hari mungkin sekitar pukul 5.30 sampai dengan pukul 7 atau 7.30 pagi, jika hari sudah siang mungkin kita tak akan dapat melihat lagi yang dinamakan proses orang melakukan transaksi jual beli disungai ini. selain karena udara yang panas, kapal-kapal yang mengangkut batu bara pun akan melewati sungai ini dan sangat tidak mungkin dengan lewatnya kapal yang sebesar apa deh gue ga bisa bandinginnya yah hehhhehehhhe, ntar perahu-perahu yang kecil yang dijadikan tempat barang-barang berjualan tadi kan bisa saja oleng dan terhempas.


_________________________@_@__________________________________
Setelah sarapan pagi kami berkumpul dan yang memtuskan untuk tidak bermalam di tempat teman tadi juga sudah datang dan menunggu kami di depan rumahnya, dan kami pun siap berangkat menuju pelabuhan untuk menaiki sebuah kapal motor atau orang banjar disini menyebutnya Klotok, ( sumpah demi Tuhan itu pertama kalinya gue naik kendaraan laut, bisa dibayangkan betapa parno dan katronya aahahhahaah )). naik di atas perahu klotok sungguh menakutkan, diriku membayangkan bagaimana sungai baarito yang luas ini siap menghempas kapal kecil yang kami naiki, dan kadang-kadang berteriak ( untungnya bukan gue aja yang teriak ada juga jadi sama deh katronya )


Ini adalah saat-saat dimana kami akan pergi kepasar terapung, namun ada saja yah yang berani duduk di atas atap perahu klotok,


Di tengah-tengah keramaian kami pergi kepasar terapung mungkin karena lama dalam perjalanan yah mungkin ada lima belas menit lah, perut gue terasa mules, kepala gue pusing setengah mati, ini nih yang gue takut takutin akhirnya muncul juga, apa itu ??? yups mabuk laut, tenggorokan ini sepertinya ingin mengeluarkan sesuatu namun hati berkata " tahan yeni tahan yeni... kamu pasti ga muntah!!! @_@, dan keadaan itu makin terasa ketika perahu yang kami naiki berhenti di tengah sungai dan memaksa kami untuk sarapan karena di dekat pasar terapung juga menyediakan makanan soto banjar untuk dinikmati para penikmat suasana sungai besar hehheheheehe, yah mungkin teman-teman dapat melihat raut wajah guee yg langsung berubah jadi pucat, dan sempat ada yang menanyakan ke gue :: " yen, kamu mabuk laut yah, dan hanya gue jawab sekedarnya saja dengan anggukan kepala. sambil mereka menikmati makanannya gue memutuskan untuk tidak makan, hanya minum air aqua saja yang gue lakukan, jika sudah dalam kondisi begini ( kasiiiiiiiaaaaaaaaaannnnnn... @_@



ini adalah wajah-wajah kusut gue saat di atas perahu bener-bener pengen pingsan deh


________________________@_@_____________________________
setelah selesai sarapan pagi kedua di atas perahu kami singgah di pasar terapung dan membeli beberapa sisir pisang, karena menurut mitos yang beredar kalau ke pulau kembang harus bawa makanan buat saudaramu kalau ga tar kamu akan ketagihan dan ingat terus akan tempat itu dan ingat saudaramu . Next ::
Pulau Kembang :: sebuah pulau kecil di tengah sungai barito, yang di huni oleh pohon bakau dan burung-burung penghuni pulau serta tak lupa saudaramu sendiri, mengapa selalu memakai kata saudara???? Yang menjadi ciri kas pulau kembang adalah hewan yang menghuni pulau tersebut yaitu BEKANTAN. Apa itu bekantan, bekantan adalah seekor kera hampir sama dengan kera kera yang lainnya namun bekantan mempunyai ciri khas yaitu berwarna agak coklat dan sedikit terang serta berekor agak panjang ( itu menurut pengamatan gue yang sudah terjun langsung ke lokasi, namun jika ada yang mempunyai pendapat yang berbeda its oke ))))

__________________________________@_@__________________________

makanan yang kami bawa saat itu adalah PISANG ahahhahaha...

________________________________________@_@_____________________________
sesampai di pulau kembang kami menjelajah pulau tersebut, bukan main pemandangan yang dilihat adalah monyet-monyet, kedatangan kami pun lebih dahulu di sambut oleh seekor monyetnya.... ( bener-bener kelakuan saudara"""""" ))). yah sampai pukul 10 siang kami pun kembali ke tempat tinggal kami masing2....
Kelelahan kemudian menimpa diri gue, selain lelah karena perjalanan yang jauh namun juga karena rasa mual dan ingin muntah yang gue tahan-tahan semenjak dalam perahu tadi...

Next.... itu hanya cerita dari sebagian kecil dari acara weekend gue sama teman-teman di kampus

|

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Yeni's Official Blog All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.