0

Hutan disulap jadi lahan kelapa sawit

Posted by Yeni Sugian on 20.26
Met malam semuanya...
Bagaimana kabar anda semua, pasti dalam keadaan yang baik-baik saja ya kan ya dong??? * Maksa!!!, kalau lagi dalam keadaan kurang baik yah gue doain moga cepat baik.

Awalnya gue males ngomongin masalah perkebunan dan sebagainya, bukan gue gensi. Hanya saja kok kalau ngomong soal perkebunan kok nggak cocok banget aja sama gue * AHAHAHHAHA ngeles... Kenapa hari ini gue ngomongin hutan???? kenapa juga hari ini gue mesti ngomongin kelapa sawit, begini ceritanya. Ceritanya bakal panjang banget jadi kudu siapin mental, siapin bantal ama selimut karena yang gue takutin orang- orang yang baca blog gue jadi ngantuk bacanya.

Hemm.... Alkisah ** beuuuhhh dimulai ketika tadi siang gue bilang ama teman gue yang ada di kos gue akan pulang kampung minggu depan, terus gue juga bilang kalau gue pulang tuh semangat banget karena di kampung lagi musim buah-buahan. Terus dia langsung nyolot aja gitu, buah sawit ya yen??? ** beuuuhhhh dalam hati gue awas kau.... Emang ada benernya juga sih, di kampung gue buah sawit mah bukan jadi buah musiman yang mesti di tunggu hingga beberapa bulan sekali baru bisa liat buahnya, buah sawit mah udah jadi pemandangan tiap hari. Tiap hari juga mobil-mobil ukuran sedang sampai seukuran truck lewat di jalan raya cuma buat bawa buah sawit menuju pabriknya.

Dulu yang pemandangannya masih asri ketika gue berkunjung ke rumah nenek gue ataupun ke tempat om gue ataupun tempat gue sendiri, masih terlihat banget tuh pohon-pohon besar, lebih mirip sarang hantu kalau gue bilang. Dulu waktu gue ke gereja buat ibadah pemuda remaja malam minggu aja lewat pohon beringin yang gede, gue udah pasang kaki seribu, sekarang mah pohon-pohon gede udah nggak ada lagi.

Bukan hanya di pinggiran jalan raya, kini jalan-jalan untuk perkebunan kelapa sawit udah di buka, enggak mau kalah sama tambang batu bara, kelapa sawit juga memperluas areanya, dulu mah kayanya sawit jadi tanaman langka di kampung gue, kok sekarang hampir tiap rumah punya kebun sendiri itupun sampe berhektar-hektar ** buset deh. Pssssstttt... jangan anggap remeh loh, usaha kelapa sawit juga menguntungkan banget, buktinya orang-orang di kampung gue udah pada banyak duitnya karena usaha ini, bahkan udah ada yang bisa jalan sampe ke luar negeri ** beuuuhhh sampe-sampe gue mikir, giliran gue kapan yah???

Kampung gue bukan sembarang kampung, namanya boleh kampung tapi orang-orangnya hidupnya kualitas kota, enggak percaya. Biar kata di desa, iya desa soalnya seberang rumah gue ada rumah pak RT yang masih ada tulisan "DESA M****G RT 01 RW01 " iyah rumah pak RT jadi gue enggak perlu repot atau jauh-jauh nyari sesuatu yang berhubungan dengan surat-surat pengantar apalah begitu, tinggal nyebrang rumah nyampe deh dirumah pak rete eh salah RT. berarti tadi masih desa kan???, kenapa gue bilang kualitas kota, tiap rumah biar di periksa pasti ada kompor listriknya ( ngakak ah... ), mesin cuci, kulkas, tivi, cukup ini mah kayanya semuanya punya...

Oke yang lebih tinggi lagi, di kampung gue hampir nggak bisa di temuin tuh anak-anak ABG, anak-anak usia kuliahan ataupun yang masih single tapi kerja. Semuanya merantau ke luar kota, kuliah ke lain pulau, ke lain provinsi, pulang-pulang ke kampung bak artis ** beuuuhhh, handphone blackberry, pakaian necis ** haiyah.., sepatu wedgess AHAHAHAHAHA :p. Dan yang syukurnya lagi berkat Kelapa sawit orang-orang di kampung udah pada punya mobil pribadi ** kecuali gue, kapan yah gue punya..

Kalau orang-orang di kampung gue lebih banyak milih buat hambur-hambur duit ke luar kampung, beda halnya dengan orang jawa yang lebih memilih berkunjung ke kampung kami, mereka biasanya bekerja sebagai buruh lepas. Membersihkan, merawat, dan memetik buah sawit milik orang lain adalah pekerjaan mereka, mungkin karena di jawa udah nggak ada kerjaan, ide yang bagus udah datang ke kalimantan buat nyari kerja, gajinya lumayan. Itu orang yang punya pikiran terbuka, makanya jangan di kira kalimantan tuh hutan mulu, orang-orangnya yang mitosnya bisa makan orang ** beuuuhhh jadi males gue naggepinnya, wong gue mah mending gue makan nasi dari pada makan orang. terlepas dari mitos, kalimantan tuh orangnya ramah-ramah kok ** kaya gue AHAHAHHAHAHA BANGGA!! and welcome sama siapapun.

Kayanya tulisan gue malam ini agak panjang yah, selain memenuhi kriteria postingan yang baik, kebetulan malam ini ide menulis di kepala gue lagi lancar-lancar banget.

Oke kembali ke kelapa sawit, tadi sampai dimana yah???? ", oh iya sekarang kelapa sawit bukan buah langka lagi dimata gue, itu mah udah penglihatan gue hari-hari ketika pulang kampung. Kebetulan gue tinggal di Kabupaten Paser yang emang mayoritas penduduknya berkehidupan bercocok tanam tanaman kelapa sawit di samping yang lain hidup dari penghasilan tambang batu bara.

Sepertinya postingan cukup sekian dulu deh ngantuk berat gue :(
Good nite aLL :)

|

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Yeni's Official Blog All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.